Inilah Makam DR.GA.Poch yang Diduga sebagai Kuburan Hitler

SURABAYA -Inilah makam yang diduga sebagai makam Hitler. Teka-teki makam diktator Jerman Adolf Hitler di Surabaya masih belum terungkap. Kontroversi sejarah masih terjadi hingga saat ini. Kontroversi itu mencuat setelah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan menelusuri jejak Hitler di Surabaya.
gambar kuburan



Dugaan Hitler dimakamkan di Surabaya ada di Makam Ngagel, Surabya. Di makam tersebut terdapat makam DR. GA. Poch yang diduga makam Pimpinan Partai NAZI. Makam tersebut berada diantara makam-makam lainnya.

Pantauan Okezone, makam tersebut terlihat tidak seperti makam seorang tokoh besar dunia. Kondisi makam pun sama dengan makam lainnya di kawasan tersebut.

Hanya yang makam Dr GA Poch dikelilingi dengan pagar besi. Sementara di pusara tertulis dengan jelas nama Dr GA Poch yang wafat pada 16-01-1979. Tidak ada petunjuk apapun dalam makam tersebut yang menunjukkan bahwa makam ini adalah makam Adolf Hitler. Untuk mencari makam ini, tidak begitu sulit. Karena beberapa warga yang ada di sekitar lokasi akan menunjukkan makam ini.

Kunipah, warga di sekitar makam Dr. GA. Poch ini tidak ada yang menjaga. Ia juga mengaku, tidak tahu siapa keluarga Dr Poch.

"Ya saya dengar juga bahwa makam itu makam Hitler. Tapi saya ndak tahu siapa ini," kata perempuan yang akrab disapa Mbak Kun ini kepada Okezone, Kamis (2/4/2015).

Kunipah juga mengungkapkan, memang ada beberapa orang yang datang untuk melihat makam tersebut. Namun demikian ia tidak mengetahui apakah yang datang itu bagian dari keluarga Dr GA Poch atau tidak. Tak hanya itu, beberapa anak-anak sekolah juga pernah mengunjungi makam DR. GA Poch ini.

"Beberapa waktu ada anak-anak sekolah yang juga datang. Mereka kesini datang untuk berfoto. Makam ini memang tidak ada yang jaga. Ya biasanya jika ada warga yang datang dan langsung ditunjukkan," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Walikota Surabaya Tri Rismaharini akan menelusuri jejak Adolf Hitler di Surabaya. Pasalnya, Risma mendengar langsung dari Budayawan asal Jombang EMHA Ainun Nadjib terkait jejak Hitler di Surabaya.

Upaya ini adalah rangkain persiapan untuk pembuatan museum. Sebab, sampai saat ini Kota Surabaya tidak punya museum. Sementara sejumlah peninggalan sejarah Kota Surabaya disimpan di museum Mpu Tantular, Sidoarjo.