Kenakan Jilbab Saat Ujian, Mahasiswa Brazil Ini Diinterogasi dan Dipaksa Lepas Jilbab

SEORANG mahasiswi muslim tiba-tiba diinterogasi oleh Organisasi Pengacara Brazil (OAB) saat tengah melaksanakan ujian. Dikabarkan bahwa mahasiswi bernama Charlyane Souza, dipaksa dan dibawa ke sebuah ruangan karena ia mengenakan jilbab.

Tindakan yang jelas mencerminkan bagaimana melonjaknya tingkat intoleransi terhadap jilbab dan Islam di negara perekonomian terbesar di Amerika Latin itu.
ilustrasi muslimah brazil



Souza (29) merupakan mahasiswa jurusan hukum Islam di Brazil, ia menuturkan bahwa perilaku OAB tersebut sangat mengganggunya saat ia justru tengah melaksanakan ujian.

Ketika interogasi Souza menghadapi beberapa pertanyaan, seperti mengapa dia memakai jilbab. Dia juga dipaksa untuk membuktikan bahwa dia adalah seorang Muslim.

“Dia bertanya apakah saya benar-benar Muslim, tentu saya punya jawaban untuk membuktikan hal itu,” kata Souza, seperti dikutip Arab News Rabu, (25/3/2015).

Tidak hanya inetrogasi, OAB juga memaksa Souza melepaskan jilbabnya di depan umum. Jelas hal tersebut membuat Souza menolaknya dan ia pun akhirnya dibawa ke ruang pribadi untuk menyelesaikan ujiannya.

Meskipun penganiayaan dan penghinaan telah dilakukan OAB, namun pihaknya tidak mengatakan permintaan maaf kepada mahasiswa Muslim. OAB justru mengumumkan rencana untuk memikirkan apakah wanita Muslim akan diizinkan melaksanakan ujian jika mengenakan jilbab. [ra/islampos]