Mobil 'Tanpa Sopir',Diuji Sejauh 5.600 Km

Di jaman moderen ini teknologi semakin berkembang seperti mobil yang satu in,i  Mobil berteknologi autonomous driving atau bisa berjalan ke tujuan tanpa dikendalikan sopir milik Delphi Automotive tiba di lokasi perhelatan New York International Auto Show 2015 pada 2 April 2015
.

gamarMobil ini memulai perjalanan dari Golden Gate Bridge di San Francisco pada 22 Maret 2015. Delphi Automotive telah menyelesaikan uji coba menempuh perjalanan dengan jarak hampir 5.600 kilometer. Mobil dikemudikan murni tanpa kendali sopir sepanjang 99 persen perjalanan.

"Kendaraan kami tampil sangat baik selama perjalanan ini, melebihi harapan. Pengetahuan yang diperoleh dari perjalanan ini akan membantu mengoptimalkan produk keselamatan aktif yang ada serta mempercepat pengembangan produk masa depan. Hal ini, memungkinkan Delphi Automotive memberikan teknologi tak tertandingi ini untuk pelanggan," ujar Jeff Owens, Chief Technology Officer Delphi Automotive, seperti dinukil dari Daily Mail, Minggu (5/4/2015),

Mobil yang digunakan dalam uji coba ini adalah jenis SUV Audi SQ5 yang sudah dipasangi teknologi canggih, seperti kamera, sensor, perangkat lunak, dan lainnya.

Selama sembilan hari perjalanan, mobil melintasi situasi lalu lintas yang sebenarnya, konstruksi jalan yang beragam, jembatan, terowongan, berbagai kondisi cuaca, bahkan juga berhadapan dengan pengemudi agresif lainnya di jalan raya.

Data real tersebut, tentunya tidak akan pernah bisa didapat jika pengujian hanya dilakukan di laboratorium.

Tim Delphi mengumpulkan hampir tiga terabyte data dari perjalanan ini, di mana sekira 30 persennnya sudah dicetak, serta diharapkan bermanfaat untuk bahan penelitian berikutnya.

Dengan suksesnya uji coba ini diharapkan fitur autonomous driving bisa diaplikasi pada mobil yang diproduksi pada dua hingga tiga tahun ke depan.