Cara Mengurangi Jumlah Kalori ketika Memasak Nasi

Nasi merupakan salah satu makanan pokok di berbagai Negara terutama di Indonesia.Nasi dipercaya mengandung banyak sekali kalori, makanya buat orang yang sedang menurunkan berat badan, biasanya akan mengganti nasi dengan kentang, roti gandum, ubi, jagung, atau makanan rendah kalori lainnya.

Padahal sebenarnya dengan sedikit trik, kamu bisa mengurangi jumlah kalori sampai dengan 60 persen ketika memasak nasi, lho. Wah emang bisa?
memasak nasi



Bisa dong! Menurut studi yang dilakukan oleh Sudhair A. James dari  College of Chemical Sciences di Sri Lanka, seperti dikutip dari Washington Post, Rabu (3/6), memasak nasi dengan cara tertentu ternyata berhasil meningkatkan kadar pati resisten sehingga jumlah kalori pun berkurang.

Dikutip dari Brilio, caranya pun gampang banget, katakanlah satu cangkir beras mengandung 246 kalori. Untuk memangkasnya menjadi sekitar 147 kalori, kamu cukup menambahkan satu sendok teh minyak kelapa ketika sedang menanak nasi. Setelah itu diaduk selama kira-kira 20-40 menit sampai nasi matang.

Nasi yang sudah matang lalu dimasukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 12 jam dan…, voila! Kamu sudah memiliki nasi yang mengandung 10 kali pati resisten dengan kalori yang berkurang lebih dari setengahnya. Wow! Kok bisa?

Menurut James, metode ini dilakukan dengan mengubah pati pada beras. Dengan menuangkan minyak kelapa ketika menanak nasi akan membuatnya bereaksi dengan pati beras sehingga akhirnya struktur dan komposisi beras pun berubah menjadi lebih sehat bahkan ketika kamu memanaskannya kembali, kalorinya tidak akan bertambah.Sangat cocok buat anda yang sedang diet bolehlah di coba semoga bermanfaat.