Rokok Sebabkan Berbagai Jenis Kanker

Saya itu bingung sama para perokok padahal sudah jelas-jelas rokok itu berbahaya bagi kesehatan bahkan dlm kemasannya pun di tulis "rokok  membunuhmu".  Merokok bisa menyebabkan berbagai jenis kanker salah satunya kanker paru. Tak hanya itu, merokok sebenarnya juga memicu berbagai jenis kanker, mulai dari kanker pankreas sampai leukemia.
kanker paru-paru



Penelitian yang dimuat dalam JAMA Internal Medicine menyebutkan, merokok menyebabkan lebih dari 48 persen kematian dari 12 tipe kanker. Sekitar 80 persen kematian karena kanker paru dan juga 77 persen kematian karena kanker laring. Kanker utama yang disebabkan oleh kegiatan merokok antara lain adalah esofagus, ginjal, dan kanker lever.

Peneliti menganalisis data dari wawancara yang dilakukan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC). Secara umum, lebih kurang 168.000 orang mati karena kanker yang diakibatkan oleh merokok.

Walau jumlah perokok telah menurun dalam satu dekade terakhir, masih banyak yang harus dilakukan dalam pengendalian tembakau secara komprehensif.

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya rokok dan manfaat hidup tanpa rokok adalah dengan mengeluarkan aturan pelarangan iklan rokok di media luar ruang.